Selasa, 08 Maret 2011

Waktu Menyiram Tanaman yang Tepat Sesuai Musim


Pada musim kemarau, siram tanaman dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Hal ini dikarenakan tanaman memerlukan banyak air sejak sore hingga pagi hari. Hindari menyiram tanaman pada siang hari saat terik matahari. Butir-butir air yang menempel pada permukaan daun, jika terkena sinar matahari -pada beberapa jenis tanaman- menyebabkan daunnya terbakar.
Adapun pada musim hujan, Anda cukup menyiram tanaman hanya ketika tanah mulai terlihat mengering.
Sedangkan waktu yang paling baik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari, baik untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan air dan juga untuk menghasilkan tanaman yang lebih sehat. Pagi hari cenderung lebih dingin, tanpa angin kencang, sehingga jumlah air yang hilang karena penguapan juga lebih sedikit dibandingkan siang hari. Penyiraman pada pagi hari sebaiknya sebelum jam 9 karena pada waktu tersebut sinar mathari belum terlalu panas, jika tanaman disiram saat matahari sudah panas, bisa menagkibatkan tanaman akan layu dan jika tidak kuat akan mati
Ya, mungkin kondisi di sore hari juga mirip, tetapi jika tanaman menjadi lembab pada malam harinya, akan menyebabkan lebih mudah mengalami kerusak oleh jamur dan penyakit tanaman yang disebabkan oleh bakteri. Tapi apabila ingin melakukan penyiraman di sore hari sebaiknya setelah jam 4 sore. Agar suhunya tidak terlalu panas.
Dalam proses penyiraman hindari penggunaan sprinkler alat penyiram tanaman yang menghabiskan banyak air dan membasahi daun secara berlebihan sehingga rentan terhadap pembusukan dan penyakit.
Para ahli merekomendasikan, penyiraman tanaman yang diatur frekuensinya untuk tanaman yang akarnya sudah kuat. Total air yang disiramkan setiap minggu berkisar i inch (termasuk air hujan).
Penyiraman satu atau 2 kali seminggu akan mendorong perkembangan akar yang lebih dalam. Untuk menghindari tingkat keterkejutan tanaman terhadap temperatur air yang disiram, gunakanlah air dengan temperatur yang mendekati temperatur udara. Air hujan yang dikumpulkan dalam ember, adalah air yang paling baik untuk disiramkan pada tanaman.

Dapus:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar